Jumat, 14 Oktober 2011

Membuat Tombol Pada Flash

Sebuah tombol dalam animasi flash diperlukan sebagai perantara perintah/eksekusi yang akan kita inginkan dalam sebuah animasi/program flash, kadang kalanya diperlukan tombol sebagai wujud perintah yang kita inginkan. Ada beberapa cara dalam membuat tombol. Berikut tutorialnya:

#Cara Pertama

1# Cara yang pertama adalah dengan membuat/menggambar sendiri tombol. Untuk membuat tombol gambar harus diubah menjadi symbol dengan behavior Button. Khusus untuk symbol dengan behavior Button di dalam area edit symbol pada timeline terdapat 4 frame yakni Up, Over, Down, dan Hit. Tiap tombol mewakili kondisi di dalam movie Flash.

2# Buatlah sebuah tombol pada area tengah stage, misalkan  kita buat sebuah persegi panjang dengan ukuran W: 100 dan H: 45 dengan warna biru

3# Konversi objek menjadi symbol dengan menyorot semua objek (gambar), klik kanan dan pilih Conver to Symbol…atau langsung dengan menekan F8 pada keyboard. Beri nama tombol dan pilih behavior Button dibagian Type kemudian klik ok.

 
4# Pilih instance tombol di area stage lalu tekan Ctrl+E untuk mengedit symbol, atau dengan cara klik kanan objek pilih edit atau langsung dengan melakukan double klik pada objek.

5# Maka akan tampil timeline tombol yang terdiri atas 4 buah frame yakni Up, Over, Down, dan Hit. Dengan masing-masing fungsi yang berbeda. Berikut keterangan masing-masing fungsinya:




a.       Frame yang pertama adalah Up, untuk memainkan tombol bilamana pointer(kursor) tidak di atas button atau saat pertama/awal tampilan(animasi) tombol.
b.      Frame kedua adalah Over, untuk memainkan tombol saat pointer berada di atasnya.
c.       Frame ketiga adalah Down, untuk memainkan tombol saat diklik.
d.      Frame keempat adalah Hit, untuk memastikan area yang akan merespons perintah klik mouse. Area ini tidak kelihatan dalam movie

6# Frame yang pertama adalah Up, kita biarkan apa adanya.

7# Kita buat keyframe pada frame Over, klik kanan di frame Over pilih Insert Keyframe. Kita ganti objek yang tadinya berwarna biru menjadi  merah. Perhatikan gambar.
8# Kita buat lagi keyframe pada frame Down, klik kanan frame Down pilih Insert Keyframe. Sekarang kita ganti warna objek menjadi warna hijau.

9# Lakukan hal yang sama pada frame Hit seperti langkah 7 dan 8 jika memang diperlukan.

10# Kita beri nama, dengan membuat layer baru diatas layer sebelumnya. Klik frame Up, pilih Text tool (T) buat teks dengan nama “TOMBOL” tanpa tanda petik, letakkan di atas gambar/objek tombol. Lalu klik frame Hit klik kanan dan pilih Insert Frame.
11# Klik icon panah berwarna biru, tekan Ctrl+Enter pada keyboard untuk menjalankan program.



# Cara Kedua

1# cara yang ini sangatlah mudah,, agan-agan tidak perlu membuat tombol dari awal, jadi kita hanya menggunakan tombol yang sudah siap pakai.

2# Klik Window pada menu bar, pilih Common Libraries > Buttons. Maka akan tampil kotak dialog Library-Buttons.
 

3# Untuk melihat seluruh macam-macam tombol klik kanan salah satu folder lalu pilih Expand All Folders.



4# Ada berbagai macam jenis tombol, agan-agan tidak pilih ingin yang mana, sebagai contoh kita pilih tombol yang paling atas dengan nama bar blue, kita klik gambar tombolnya lalu drag (klik dan tahan mouse lalu geser) menuju stage.

5# Sebuah tombol telah tersedia. Untuk mengeditnya tinggal lakukan cara yang sama seperti langkah yang telah diuraikan sebelumnya.

6# Tekan Ctrl+Enter pada keyboard untuk menjalankan program.

Silahkan download file nya:

az0el-

Reaksi:

1 komentar:

Like This